Jaje Uli Bali

Selain terkenal dengan kebudayaan dan pariwisata bali mempunyai banyak jajanan khas. Selain untuk dikonsumsi atau di jual di pasaran Jajanan yang di buat masyarakat bali biasanya di gunakan sebagai sarana dan perlengkapan upakara banten atau sarana yadya. Salah satu contohnya adalah jaje uli.

Jaje uli merupakan jajanan yg di pakai masyarakat hindu di Bali untuk sarana banten atau upacara dan  berbahankan dasar dari tepung beras dan ketan yg d campur jadi satu kemudian ditumbuk dan di bungkus dengan kulit jagung.


Jaje uli ini biasanya di buat oleh masyarakat bali pada umumnya untuk sarana yadya di saat ada perayaan umat hindu atau rainan di Bali.
Adapun bahan - bahan jaje uli :
      1.Tepung beras
      2. Ketan
      3.Kelapa
      4.Garam
      5.Kulit jagung                          
      6. Tali bambu
Dari bahan di atas mungkin tidak sulit di cari dan sangat mudah di dapat. Jika bahan - bahan di atas sudah tersedia mari kita bahas bagaimana cara membuat jaje uli tersebut.

Selain bahannya yang mudah di cari jajanan ini mudah untuk dibuat adapun cara untuk membuat jajanan ini. Pertama kukus ketan sampai matang kemudian sediakan kelapa yg sudah di parut jika ketan yg sudah dikukus matang adonkan bersama kelapa yang sudah diparut, campurkan menjadi satu adonan dan di isi tepung beras dan garam, jika sudah merata di aduk adonan yang sudah tercampur menjadi satu adonan kembali di kukus, setelah matang adonan tersebut di tumbuk di lesung sesudah itu adoanan yang sudah halus di tumbuk kemudian di bungkus menggunakan kulit jagung. Mudah bukan untuk membuat jajanan yang biasanya di pake umat hindu untuk sarana banten.

Silakan mencoba dan semoga warisan nenek moyang ini tidak dilupakan karena di jaman modern ini masyarakat sudah banyak yang memakai jajanan yang di jual di pasaran dan melupakan warisan nenek moyang kita.
 

Comments

Popular posts from this blog

Materi Kasusastraan Bali (Paplajahan Basa Bali ring SMA/SMK)

Ekskavator dari Stik Es Cream

Patung gunung agung setinggi 12 meter menjadi icon festival coconut internasional Karangasem 2019