Ngaben Masal di Banjar Juwuklegi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem (Tahun 2017)


Ngaben Masal di Banjar Juwuklegi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem (Tahun 2017)

INFO JUWUKLEGI - Pada Rabu (05/07/2017) telah diadakan Upacara Ngaben Masal di Balai Banjar Juwuklegi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

Upacara ini diadakan untuk yang ketiga kalinya. Namun upacara atiwa-tiwa masal kali ini adalah upacara ngaben untuk yang pertama kali diselenggarakan dengan cara ngaben yang utama, maksudnya upacara yang diselenggarakan dengan cara metumpang salu. Karena diselenggarakan dengan metumpang salu maka upakaranya jauh lebih banyak atau tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ngaben masal sebelumnya.

Upacara ini memerlukan waktu dari awal persiapan sampai akhir cuma 27 hari yaitu mulai tanggal 9 Juni 2017 mulai membuat warung atau tempat menaruh sesaji dan tempat membuat alat-alat upakara. Setelah persiapan sarana upakara selesai menjelang H min 3 diselenggarakan upacara nunas kesegara (ngedetin) tujuan diselenggarakan upacara ini adalah untuk memohon kepada Tuhan agar roh yang akan diaben berkenan untuk pulang melalui upacara sakral dan sarana upakara yang telah dipersiapkan dengan matang. Prosesi Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Istri Ngurah dari Geria Pekarangan Desa Duda.

Upacara ini berlangsung kurang lebih selama dua jam. Kemudian seluruh peserta pulang bersama menuju balai banjar dan beristirahat sejenak kemudian lagi dilanjutkan nunas/mamungkah ke Pura Dalem tujuannya adalah untuk memohon kehadapan Batari Durga agar roh-roh yang akan diaben mengetahui bahwa akan diadakan upacara pengabenan pada hari yang telah ditentukan. Kegiatan ini belangsung kurang lebih selama satu setengah jam, selanjutnya diakhiri nunas/ngulapin ke setra kangin kegiatan ini menghabiskan waktu sanpai jam 16.30 wita.

Kegiatan selanjutnya adalah mebersih dan menek tumpang salu seluruh rangkaian acara ini dilaksanakan di Balai Banjar Juwuklegi yang dihadiri oleh seluruh krama Banjar Juwuklegi. Acara ini berlangsung sampai pukul 11.30 wita - selesai.

Screenshoot:
 










Demikian Upacara Ngaben Masal di Banjar Juwuklegi yang kami dapat sampaikan kepada para pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

Materi Kasusastraan Bali (Paplajahan Basa Bali ring SMA/SMK)

Ekskavator dari Stik Es Cream

Patung gunung agung setinggi 12 meter menjadi icon festival coconut internasional Karangasem 2019