Melestarikan Permainan Tradisional Bali

Permainan tradisional merupakan sebuah permaianan daerah  yang dilakukan oleh anak - anak pada zaman dahulu, Permainan tradisional biasanya di lakukan berkelompok dan mengandung unsur kebersamaan.

Namun seiring dengan perkembangan IPTEK  permainan tradisional mulai di lupakan dan jarang di lakukan oleh anak- anak yang lebih memilih bermain  maka dari itu permainan tradisional di lupakan dan jarang dilakukan oleh anak - anak pada jaman sekarang.

Dalam artikel ini akan membahas sebuah permainan tradisional bali yang dulu sering di mainkan oleh anak - anak pada jaman dahulu yaitu permaianan Meong - meongan.

Permainan tradisional meong -  meongan merupakan permainan tradisional  yang berasal dari kabupaten karangsem bali yang dimainkan oleh anak - anak maksimal  8- 10 orang dan di iringi dengan lagu meong - meong. Permainan tradisional  ini mengisahkan usaha  kucing ( meong) untuk menangkap tikus ( bikul).

Dalam permainan ini biasanya dilakukan oleh 8-10 orang dimana di antara 10  orang 2 di antaranya memerankan sebagai si meng ( kucing ) dan si bikul ( tikus ) dan sisa nya membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu meong - meong  yang berfungsi melindungi si bikul dari kejaran si meng ( kucing ).

Cara bermain meong - meongan :
Permainan ini dilakuakan di lapangan yang  sesuai dengan jumlah pesertanya, jika sudah ada peserta kurang lebih 10 orang peserta silakan tentukan siapa pertama menjadi si meong ( kucing) dan bikul ( tikus ) kemudian sisanya membentuk lingkaran sebagai pelindung bikul dan menyanyikan lagu meong - meong dan si bikul berada di tengah lingkaran dan si meong ada di luar lingkaran jika yang menyanyikan lagu meong - sudah memberikan tanda juk meng juk kul berarti si meong sudah bisa mengejar si bikul dan yang melingkar berusaha melindungi si bikul dari kejaran si meong . apabila si meong belum juga mendapatkan si bikul permaianan ini tetap berlangsung sampai berhasil si kucing menangkap si tikus dan jika sudah berhasil di tangkap bisa dilakukan giliran untuk menjadi pemeran si meong dan si bikul.

Adapun lirik lagu untuk permaianan tradisional ini :
Meong - meong alih je bikule
Bikul gede - gede buin mokoh - mokoh
Kereng pesan ngerusuin
Juk meng ,juk kul , juk meng ,juk kul.
Itulah lirik lagu meong - meongan.

Demikian gambaran tentang permaianan tradisional meong - meongan, mudah bukan untuk di lakukan. Semoga bermanfaat dan anak di jaman sekarang mau melakukan permainan ini karena menurut saya permainan tradisional lebih mendidik di banding permainan di jaman sekarang dan melatih kerja sama antara satu teman dengan Teman yang lainnya.

Mudah - mudahan permaianan di lestarikan agar tidak punah dan tidak di lupakan begitu saja.

Comments

Popular posts from this blog

Materi Kasusastraan Bali (Paplajahan Basa Bali ring SMA/SMK)

Ekskavator dari Stik Es Cream

Patung gunung agung setinggi 12 meter menjadi icon festival coconut internasional Karangasem 2019