Potensi Banjar Juwuklegi dari Sektor Pertanian dan Perkebunan

Banjar Juwuklegi merupakan salah satu wilayah di Desa Duda Timur, Selat, Karangsem, Bali. 
Keseluruhan masyarakat banjar Juwuklegi sebagian besar memiliki mata pencaharian dari sektor pertanian dan perkebunan, salah satunya adalah perkebunan buah salak. Dari hasil perkebunan salak inilah masyarakat juwuklegi memenuhi kebutuhan hidup atau sumber perekonomian masyarakat setempat.

Perkebunan Salak di Juwuklegi Gambar Perkebunan Salak di Juwuklegi

Pada umumnya salak yg banyak di tanam masyarakat Juwuklegi adalah jenis salak gondok dan salak gula pasir, namun pada masa ini masyarat juwuklegi lebih banyak menanam salak gula pasir, selain harganya lebih mahal rasa dari salak gula pasir ini lebih mahal di pasaran maka dari masyarakat Juwuklegi lebih tertarik untuk menanam salak gula pasir dari hasil perkebunan salak inilah masyarakat Juwuklegi menggantungkan nasibnya sebagai sumber perekonomian.

Salak yg dipanen akan dijual ke pasar pasangkan yg nantinya hasil dari penjualan akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan sisa penjualan akan di tabung untuk membiayai anak sekolah. Dalam dewasa ini sudah ada anjuran dari pemerintah untuk mengolah buah salak menjadi sebuah olahan yg memiliki daya jual sangat tinggi misalanya diolah menjadi dodol salak, kripik salak,manisan salak.

Dari hasil olahan ini nantinya akan menambah daya jual salak di banjar Juwuklegi dan bisa menambah perekonomian masyarakat Juwuklegi.

Comments

Popular posts from this blog

Materi Kasusastraan Bali (Paplajahan Basa Bali ring SMA/SMK)

Ekskavator dari Stik Es Cream

Patung gunung agung setinggi 12 meter menjadi icon festival coconut internasional Karangasem 2019