Inilah Aplikasi Smart Desa yang Dimiliki Desa Duda Timur

Aplikasi Sm@rt Desa Duda Timur

Info Juwuklegi - Halo selamat siang semua, kami team info juwuklegi ingin memberitahukan sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi anda semua.

wah, aplikasi apa itu? Mungkin itu yang dipikirkan anda saat ini.

Jadi aplikasi ini bernama Sm@rt Desa Duda Timur
Aplikasi ini dirilis tanggal 9 Februari 2018


DOWNLOAD APP

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ic.smartdesa

Dilangsir dari beritabali.com, Karangasem. Desa Duda Timur, Selat, Karangasem meluncurkan aplikasi Smart Desa sebagai upaya mempermudah administrasi kependudukan. Peluncuran aplikasi Smart Desa merupakan bentuk penerapan teknologi dalam pemerintahan desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga desa.

Kepala Desa Duda Timur I Gede Pawana pada keteranganya (1/2) mengungkapkan Smart Desa dirancang untuk memudahkan berbagai kepentingan warga diantaranya pengurusan surat-surat, pelaporan kejadian dan data kependudukan.

Aplikasi Smart Desa juga dilengkapi data tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. Sebagai contoh, jika klik fitur data warga, maka akan muncul tiga klasifikasi warna yakni warna merah, ungu dan warna hijau. Warna merah menandakan warga tersebut dalam kondisi perekonomian kurang mampu. Warna ungu sebagai tanda warga dengan kodisi perekonomian sedang dan warna hijau untuk klasifikasi warga yang perekonomiannya mapan.  "Ya selain data perekonomian juga lengkap bisa diketahui sampai KK-nya," ungkap Pawana.

Berbagai fitur lainnya juga terdapat dalam aplikasi tersebut seperti profil desa, potensi desa, berbagai info tentang segala hal yang ada di desa dan pelaporan. Jika ada sesuatu seperti mati listrik atau kejadian kriminal lainnya bisa dengan cepat dilaporkan melalui aplikasi dan langsung terhubung ke instansi terkait yang membidangi masing-masing laporan tersebut.

Pak Pawana mengungkapkan dibutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk mengumpulkan data seperti menentukan titik - titik rumah warga dan memasukkan data dilapangan. Belum lagi, jaringan internet yang kurang stabil juga memnjadi kendala dalam merampungkan seluruh pendataan.

Kami dari team Info Juwuklegi sangat terinspirasi dengan adanya aplikasi ini, semoga tambah keren lagi aplikasinya dan tambahkan lebih banyak lagi fitur-fitur lainnnya. Sukses selalu.

Sumber: berita

Comments

Popular posts from this blog

Materi Kasusastraan Bali (Paplajahan Basa Bali ring SMA/SMK)

Ekskavator dari Stik Es Cream

Patung gunung agung setinggi 12 meter menjadi icon festival coconut internasional Karangasem 2019